RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BLENDED LEARNING
Sekolah : SMP Negeri 15 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Teks Cerita Fantasi
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (6 JP)
A. KOMPETENSI DASAR
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang
objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan
lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui
tayangan video cerita fantasi, peserta didik menelaah struktur dan kebahasaan
dari teks cerita fantasi.
2. Melalui
tayangan video cerita fantasi, peserta didik menyusun teks fantasi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan
kalimat/tanda baca/ejaan dengan tepat
3.
Setelah
menyusun teks fantasi, siswa mempresentasikan.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
1.
Peserta didik mengisi
daftar hadir melalui link google form.
2.
Guru
menyapa, mendata kehadiran, dan menanyakan kondisi peserta didik serta menganjurkan
mengikuti aturan pemerintah berkaitan dengan Covid 19.
3.
Guru
memberikan apersepsi tentang teks fantasi.
4.
Guru
memberitahukan materi yang akan dipelajari dalam 2 kali pertemuan, yaitu
menelaah struktur dan unsur kebahasaan teks fantasi
serta menyajikan teks.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1
1. Stimulasi Peserta didik
menyaksikan tayangan video/materi struktur dan aspek kebahasaan teks fantasi melalui link teams.
2.
Peserta
didik menuliskan struktur dan aspek kebahaasaan cerita fantasi yang ditayangkan yang ditemukan d LKS dalam bentuk google form.
3.
Peserta
didik mendiskusikan temuan masing-masing dengan berdiskusi melalui WAG.
4.
Perwakilan
peserta didik yang terpilih menyajikan hasil temuannya melalui tayangan video
yang dikirim melalui teams.
5.
Peserta
didik lainnya mengomentari melalui kolom komentar.
6.
Peserta
didik membuat simpulan secara bersama-sama.
7.
Guru
memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap jawaban peserta didik melalui
google meet/teams, dan memberikan penghargaan atau apresiasi kepada
proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.
Pertemuan ke-2
1.
Stimulasi Peserta didik
mengamati tayangan teks fantasi
“Berlain Telaga Warna”.
Video dan materi
dibagikan melalui teams.
2.
Peserta didik mendata di LKS tentang struktur teks fantasi yang diamati. “Berlian
Tiga Warna”.
3.
Perwakilan dari peserta didik menyampaikan hasil pendataannya melalui teams, saat vicon.
4.
Peserta didik yang
terpilih menyampaikan hasil tulisannya melalui Teams/Google Meet dan ditanggapi oleh kelompok yang
lain.
5.
Peserta
didik membuat simpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
6.
Guru
memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap jawaban peserta didik dalam
diskusi melalui teams/google meet.
7.
Guru memberikan
penghargaan atau apresiasi kepada proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan
oleh peserta didik.
Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik diarahkan
untuk membuat kesimpulan pembelajaran
2.
Peserta
didik bersama guru merefleksikan kebermanfaatan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
Peserta
didik diberi informasi kegiatan pembelajarn berikutnya.
4.
Peserta
didik diberi motivasi, pesan, ketercapaian pembelajaran
PENILAIAN
1.
Pengetahuan Keterampilan
Sikap Lembar kerja yang diberikan berisi analisis struktur dan unsur
kebahasaan.
2.
Soal
uraian melalui Google Form yang berisi materi struktur dan aspek kebahasaan.
3.
Menyusun
teks cerita fantasi dalam bentuk lembar kerja dengan memperhatikan struktur, dan unsur kebahasaan.
4.
Menyajikan
teks laporan percobaan dapat secara tertulis atau lisan.
5.
Menunjukkan
sikap displin dan
tepat waktu dalam
mengisi kehadiran dan mengumpulkan tugas.
Surabaya, 5 Agustus 2021
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 15
Surabaya Guru Mata Pelajaran
Drs. Shahibur
Rachman, M. Pd. Dra. Siti Saroh
Pembina Utama Muda NIP 196403232008012002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar