Rabu, 04 Agustus 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

BLENDED LEARNING

 

Sekolah                                  : SMP Negeri 15 Surabaya

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indoesia

Kelas/Semester                      :  VII/Satu

Materi Pokok                         : Teks Cerita Fantasi

Alokasi Waktu                      : 2 Pertemuan (6 JP)

 

A.   KOMPETENSI DASAR

3.2  Menelaah struktur  dan unsur kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

 

B.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.         Melalui tayangan video cerita fantasi, peserta didik menelaah struktur dan kebahasaan dari teks cerita fantasi.

2.   Melalui tayangan video cerita fantasi, peserta didik menyusun teks fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kalimat/tanda baca/ejaan dengan tepat

3.         Setelah menyusun teks fantasi, siswa mempresentasikan.

 

C.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1.        Peserta didik mengisi daftar hadir melalui link google form.

2.        Guru menyapa, mendata kehadiran, dan menanyakan kondisi peserta didik serta menganjurkan mengikuti aturan pemerintah berkaitan dengan Covid 19.

3.        Guru memberikan apersepsi tentang teks fantasi.

4.        Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari dalam 2 kali pertemuan, yaitu menelaah struktur dan unsur kebahasaan teks fantasi serta menyajikan teks.

 

Kegiatan Inti

Pertemuan ke-1

1.      Stimulasi Peserta didik menyaksikan tayangan video/materi struktur dan aspek kebahasaan teks fantasi melalui link teams.

2.        Peserta didik menuliskan struktur dan aspek kebahaasaan cerita fantasi yang ditayangkan yang ditemukan d LKS dalam bentuk google form.

3.        Peserta didik mendiskusikan temuan masing-masing dengan berdiskusi melalui WAG.

4.        Perwakilan peserta didik yang terpilih menyajikan hasil temuannya melalui tayangan video yang dikirim melalui teams.

5.        Peserta didik lainnya mengomentari melalui kolom komentar.

6.        Peserta didik membuat simpulan secara bersama-sama.

7.        Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap jawaban peserta didik melalui google meet/teams, dan memberikan penghargaan atau apresiasi kepada proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.

 Pertemuan ke-2

1.        Stimulasi Peserta didik mengamati tayangan teks fantasiBerlain Telaga Warna”.

Video dan materi dibagikan melalui teams.

2.        Peserta didik mendata di LKS tentang struktur teks fantasi yang diamati. “Berlian Tiga Warna”.

3.        Perwakilan dari peserta didik menyampaikan hasil pendataannya melalui teams, saat vicon.

4.        Peserta didik yang terpilih menyampaikan hasil tulisannya melalui Teams/Google Meet dan ditanggapi oleh kelompok yang lain.

5.        Peserta didik membuat simpulan hasil diskusi secara bersama-sama.

6.        Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi melalui teams/google meet.

7.        Guru memberikan penghargaan atau apresiasi kepada proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.

 

Kegiatan Penutup

1.        Peserta didik diarahkan untuk membuat kesimpulan pembelajaran

2.        Peserta didik bersama guru merefleksikan kebermanfaatan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

3.        Peserta didik diberi informasi kegiatan pembelajarn berikutnya.

4.        Peserta didik diberi motivasi, pesan, ketercapaian pembelajaran

 

PENILAIAN

1.        Pengetahuan Keterampilan Sikap Lembar kerja yang diberikan berisi analisis struktur dan unsur kebahasaan.

2.        Soal uraian melalui Google Form yang berisi materi struktur dan aspek kebahasaan.

3.        Menyusun teks cerita fantasi dalam bentuk lembar kerja dengan memperhatikan struktur, dan unsur kebahasaan.

4.        Menyajikan teks laporan percobaan dapat secara tertulis atau lisan.

5.        Menunjukkan sikap displin dan tepat waktu dalam mengisi kehadiran dan mengumpulkan tugas.

 

 

                                                                      Surabaya, 5 Agustus 2021

 

Mengetahui,                                                               

Kepala SMP Negeri 15 Surabaya                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Drs. Shahibur Rachman, M. Pd.                                        Dra. Siti Saroh

Pembina Utama Muda                                                       NIP 196403232008012002

     NIP.196207161984031004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar